Pengembangan Alat Tes Psikologis

layanan pengembangan alat tes psikologis terbaik di Jakarta, Indonesia

Pengembangan Alat Tes Psikologis

Pengembangan alat tes psikologis bertujuan untuk memenuhi kebutuhan khusus perusahaan dalam rangka mengukur-aspek-aspek psikologis para personil yang spesifik, yang diyakini perusahaan perlu dikelola dengan baik.

Tes Psikologis yang Akurat & Andal

Alat tes psikologis dikembangkan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah psikometri, agar skor yang dihasilkan valid dan reliabel. Valid artinya akurat mengukur apa yang mau diukur. Reliabel yaitu hasil pengukuran minimal terbebas dari kesalahan pengukuran (error).

Perusahaan memanfaatkan metode penyaringan yang lebih canggih: tes kepribadian, kecerdasan, keterampilan, dan sebagainya untuk meningkatkan kualitas proses perekrutan.

Kebutuhan Tes Psikologis yang Disesuaikan (customize)

Kesadaran perusahaan untuk mengelola aspek-aspek psikologis personil, mendorong praktisi dan peneliti SDM untuk menyusun dan mengembangkan alat ukur psikologis yang dapat disesuaikan (customize) dengan kebutuhan perusahaan. Contohnya, kesadaran manajemen untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang diyakini dapat meningkatkan produktivitas departemen, mengharuskan mereka menyusun alat ukur kepuasan kerja karyawan, sebagai dasar pembuatan program kerja di lingkungan departemen tersebut.

Contoh lainnya, ketika perusahaan membuka lowongan kerja dan menerima banyak sekali berkas lamaran, sedangkan man power pihak perusahaan terbatas untuk menyeleksi berkas-berkas tersebut, maka tes penilaian cepat untuk penyortiran di awal, perlu dikembangkan untuk meringankan beban Departemen SDM dalam menyeleksi para kandidat.

Contoh terakhir, penerapan nilai-nilai budaya perusahaan baru (misalkan nilai AKHLAK BUMN), perlu didahului oleh pengukuran nilai-nilai budaya perusahaan yang sudah ada (existing). Dengan demikian pihak manajemen dapat mengidentifikasi sejauh mana jurang (gap) antara nilai budaya baru dengan nilai budaya perusahaan yang lama.

Layanan Lainnya
Indikator Kinerja Utama
KPI sebagai panduan penting, memberikan ukuran kemajuan dan dampak yang dapat diukur.
Asesmen Psikologis
Setiap orang mempunyai beragam kompetensi yang dapat dinilai melalui beberapa metode.
Evaluasi Pekerjaan
Latihan yang memberikan transparansi perusahaan dalam menghargai nilai sebuah pekerjaan.
Kirim pesan ke kami