Tanya Jawab Umum

Tanya jawab umum (FAQs) untuk mengetahui lebih jauh perusahaan alih-daya kami dan kegiatannya

Temukan jawaban pertanyaan anda mengenai perusahaan dan layanan kami

PERTANYAAN UMUM

Bergerak di bidang apakah Tilyanpristka?

Kami merupakan konsultan keuangan dan akuntansi serta penyedia layanan alih-daya proses bisnis untuk perhitungan payroll, akuntansi dan pembukuan, ketaatan administrasi perpajakan hingga implementasi teknologi bisnis terkait.

Kami sangat menaruh perhatian kepada perubahan regulasi yang secara terus menerus pada bidang layanan kami tersebut dengan mengikuti pelatihan-pelatihan terkait.

Kami merupakan mitra utama di Indonesia dari jaringan global Santa Fe Associates International yang mana adalah sebukan jaringan internasional untuk firma audit dan konsultan independen.

Mengapa Tilyanpristka banyak menjalin kerjasama dengan perusahaan berbasis teknologi?

Kami telah lama menyadari bahwa dengan transformasi digital kami dapat lebih meberikan nilai tambah pada layanan konsultan dan alih-daya proses bisnis kami. Sejak 2012 kami telah mengelola pusat data kami sendiri hingga pada 2019 kami dapat menerapkan portal kami sendiri untuk klien.

Demi menyediakan fitur-fitur terbaru sesuai dengan perkembangan teknologi bisnis kami melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan berbasis teknologi, dari perusahaan akuntansi online hingga platform keamanan siber untuk aplikasi berbasis web.

Bagaimana Tilyanpristka menyimpan keseluruhan data klien?

Sejak 2012 kami telah mengelola pusat data kami sendiri dengan skala yang cukup memadai untuk mengatasi kebutuhan perkembangan bisnis klien, khususnya kegiatan alih-daya proses bisnis kami

Apakah pusat data sepenuhnya dimiliki, ditempatkan dan dikelola oleh Tilyanpristka?

Ya, pusat data sepenuhnya dimiliki oleh kami, berada di dalam kantor kami (Jakarta, Indonesia) dan pada layanan publik (public cloud) di Singapore, dan dikelola oleh pegawai internal PT Tilyanpristka.

Bagaimanakah Tilyanpristka memelihara infrastrukur dan jaringan IT?

Kami melakukan pengembangan dan update aplikasi untuk ketersediaan penyimpanan dan pengolahan data serta melakukan beberapa test keamanan secara berkala.

Apakah SFAI (Santa Fe Associates International) itu?

SFAI merupakan jaringan internasional firma audit dan konsultan independen. PT Tilyanpristka merupakan partner utama yang bergabung sejak April 2018. Kualitas kegiatan bisnis kami diwajibkan mengikuti standard jaringan firma audit dan konsultan independen internasional ini. Pada tahun 2023 SFAI menempati peringkat 18 dunia dalam eksitensinya sebagai jaringan internasional firma audit dan konsultan independen - International Accounting Bulletin, IAB-642, World Survey 2023 edition.

Apakah Tilyanpristka dapat melakukan audit?

Tidak, tetapi Kantor Akuntan Publik dapat mengajukan kerjasama dengan PT Tilyanpristka untuk malakukan kegiatan auditnya di bawah bendera SFAI Indonesia. Saat ini Kantor Akuntan Publik (KAP) Hendry, Ferdy, dan Rekan merupakan mitra kami sebagai firma audit dari SFAI Indonesia.

Skala perusahaan apa sajakah yang menjadi target layanan Tilyanpristka?

Perusahaan dengan skala kecil dan menengah adalah target pasar kami. Tetapi dengan kemampuan dan jaringan internasional yang kami miliki, kami membuka layanan kami kepada perusahaan besar dan penanaman modal asing.

Bagaimana sifat dari kontrak antara klien dan Tilyanpristka?

Kontrak kerja antara klien dan perusahaan dibuat dalam jangka waktu 1 tahun, dan setelahnya dapat diperpanjang kembali. Dalam jangka waktu tersebut, penugasan dan biaya profesional kami tidak akan berubah sesuai dengan isi proposal awal. Segala bentuk perubahan penugasan akan dituangkan dalam bentuk adendum yang akan mempengaruhi biaya profesional yang telah ditetapkan sebelumnya.

Apakah menerima tanda tangan dalam bentuk tanda tangan digital?

Ya, saat ini kami menerima DocuSign sebagai vendor untuk tanda tangan digital dalam kontrak. Kami tidak menutup kemungkinan untuk penggunaan vendor lainnya oleh klien.

ALIH-DAYA PROSES BISNIS

Bagaimana pengumpulan data terhadap proses payroll?

Selain email, kami memiliki portal bagi tiap klien untuk menaruh file pentingnya. Dengan fitur akses level, maka klien dapat menentukan siapa saja di dalam perusahaan yang berhak mendapatkan akses suatu folder atau file.

Apakah klien memerlukan seorang manager keuangan internal dalam kegiatan alih daya proses bisnis akuntansi dan pembukuan?

Seorang manager keuangan akan lebih efektif jika ditujukan dalam kegiatan strategis perusahaan dibandingkan kepengurusan hal administratif perusahaan.

Yang dapat turut menunjang penggunaan layanan alih-daya proses bisnis ini adalah sesorang yang dapat dipercaya dalam pengelolaan administrasi dokumen untuk diserahkan ke Tilyanpristka untuk selanjutnya diolah menjadi laporan.

Bagaimana Tilyanpristka mengatasi komunikasi dengan klien dalam aktivitas BPO sehari-hari?

Dalam layanan kami, setiap klien akan diberikan seorang person in charge. Komunikasi dapat dilakukan setiap hari kerja, baik dilakukan dengan email, aplikasi chat umum maupun dari dalam portal BPO kami yang telah memiliki fitur chat dan video langsung.

Apakah Tilyanpristka dapat membantu proses input data jika klien telah menggunakan software tertentu dalam proses bisnisnya?

Ya, kami telah berpengalaman terhadap beberapa software pembukuan dan akuntansi hingga ERP yang ada di pasaran. Pelatihan tertentu dibutuhkan dalam masa setup jika kami belum pernah menggunakannya.

Bagaimana jika klien tidak memiliki software apapun sebelumnya?

Kami memberikan portal BPO dengan fungsi yang sama seperti software pembukuan dan akuntansi lainnya secara gratis hingga 7 pengguna (PIC kantor yang terlibat dalam kegiatan BPO antara klien dan Tilyanpristka). Proses installasi aplikasi tambahan pada smartphone diharuskan untuk mengakses portal ini.

Jika klien sudah memiliki standar nomor akun (COA), apakah bisa diterapkan pada portal BPO tersebut?

Ya, kami akan menggunakan nomor akun yang telah diterapkan pada pembukuan klien. Bahkan kami dapat melakukan hal lebih jika kelak laporan tersebut bertujuan untuk dikonsolidasikan ke laporan keuangan perusahaan induk.

APLIKASI PORTAL BPO

Apakah yang dimaksud dengan aplikasi Portal BPO?

Aplikasi yang digunakan oleh internal kami dalam menyimpan dan mengolah laporan klien. Klien dapat mengakses juga portal ini untuk melihat laporan dan mengakses file terkait kegiatan alih-daya.

Dimanakah tP menyimpan database portal-nya?

Kami memiliki dan memelihara server sendiri untuk kebutuhan ini. Proses backup file dan database juga kami lakukan secara berkala.

Berapa harga yang dibebankan atas penggunaan portal BPO?

Klien dapat menggunakan secara gratis portal BPO ini hingga 3 pengguna (terkait dengan aktivitas alih-daya yang digunakan). Pengguna tersebut tidak termasuk dengan role "employee" dalam alih daya penggajian.

Apakah harus menginstall aplikasi tambahan DUO dalam smartphone untuk menggunakan portal dan web aplikasi lainnya?

Kami mewajibkan pengguna portal baik PIC alih-daya terkait maupun pegawai klien untuk menginstall fitur tambahan kemananan pada smartphone anda.

Apakah portal klien sudah dapat memenuhi kebutuhan software akan layanan BPO?

Ya, portal kami sudah dapat memenuhi kebutuhan aktivitas layanan alih-daya proses bisnis yang anda gunakan.

Apakah fitur dalam portal BPO dapat disesuaikan untuk kebutuhan klien tertentu?

Ya, penyesuaian minor (format laporan dan dokumen) dapat dilakukan dan tidak dikenakan biaya. Penyesuaian dan modifikasi fungsi minor terkait proses bisnis membutuhkan diskusi lebih lanjut dengan klien.